Thanks For your Donation

Terimakasih atas donasi anda

give more to me

Saturday, 29 April 2017

OMRON PART 3 - CARA MEMASANG INPUT/OUTPUT PADA PLC KENDALI MOTOR 3 FASA

   JIka sebelumnya kita sudah mengenal hadware omron, sekarang kita belajar merangkai perangkat keras lainnya yaitu input dan juga output diskret, disini saya mengambil contoh yaitu berupa inputan button 3 buah, kemudian ada lampu bohlam 15 watt, dan buzzer 24VDC, rencananya button berwarna hijau digunakan untuk menghidupkan motor, button orange untuk mematikan motor, button merah untuk menghidupkan alaram darurat. berikut ini adalah cara merangkainya.
Gambar 1. wiring kendali motor 3 fasa dengan plc

    Perhatikan gambar diatas, inputan yang masuk ke input plc adalah berupa tegangan VDC yang terbatas umumnya maksimal 24VDC oleh karena harap perhatikan jika anda memberikan input pada bagian ini. berikan com dengan tegangan 0VDC atau sesuai keinginan kalian, sedangkan untuk input-inputannya kalian hubungkan dari output button ataupun sensor.


   Wiring pada output juga perlu diperhatikan ketika anda menghubungkan com dengan tegangan VDC maka anda tidak boleh menggabungkan dengan VAC karena sudah berbeda jenis arusnya, seperti yang saya sudah jelaskan pada bagian Omron Part 2, disini com pertama terhubung dengan VDC dan memiliki output yang berhubungan yaitu output 00 yang kemudian dihubungkan ke buzzer 24VDC, sedangkan pada com ketiga memiliki hubungan dengan output 02 dan 03 yang terhubung ke Netral PLN yang kemudian digunakan untuk mengendalikan output lampu dan juga kontaktor listrik.

  Okey... pesan saya lagi, ingat bahwa penggunaan input maupun output memiliki batasan tegangan dan juga arus oleh karena perhatikan spesifikasi plc anda, PLC tidak mungkin secara langsung menghidupkan MOTOR 3 FASA/ 1 FASA karena PLC memiliki keterbatasan tersebut, oleh karena itu solusi dari output yang memiliki tegangan dan juga arus yang besar dapat menggunakan ouput berupa relay ataupun kontaktor hal ini bertujuan agar output dengan beban besar tersebut tidak langsung berhubungan dengan plc.
  
  sekian dari saya, jangan lupa subscribe dan like artikel ini, jika mau komentar silahkan berkomentar saya akan respon secepatnya. okey terimakasih
 

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih anda telah berkomentar di halaman ini, kami akan mempertimbangkan komentar anda untuk kemajuan blog ini.

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html