Thanks For your Donation

Terimakasih atas donasi anda

give more to me

Monday, 28 May 2018

DASAR-DASAR PLC : FUNGSI LOGIKA DAN ARITMATIKA PADA PLC

1. FUNGSI SEQUENCE I/O

Instruksi Sequence I/O adalah instruksi yang digunakan untuk mengatur logika pada input serta output PLC, instruksi ini meliputi fungsi gerbang dasar, hingga pengaturan bit pada PLC. Berikut ini adalah gambar yang menunjukkan instruksi dasar pada input dan output PLC.

image

Gambar 2.1 Instruksi dasar I/O PLC

image

image

Tabel 2.1 Sequence I/O instruction

Sumber: OMRON, SYSMAC CP-series CP1E CPU Units

Pada Pemrograman PLC OMRON menggunakan CX-Programmer instruksi pada tabel 2.1 dapat di panggil dengan perintah sesuai nama pada Mnemonicnya. Sedangkan symbol-simbol dasar seperti Contact dan Coil sudah disediakan dalam bentuk symbol.

2. FUNGSI ARITMATIKA

Fungsi aritmatika pada PLC digunakan untuk melakukan operasi aritmatika pada program pada dasarnya artimatika dasar terdiri dari operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Pada CX-Designer instruksi aritmatika dilakukan pada simbol instruksi. Berikut ini adalah aturan penulisan operasi artimatika pada CX-Programmer.

image

Gambar 2.2 Penggunaan instruksi Aritmatika pada PLC

Pada bagian kolom petama disi dengan simbol aritmatika dasar yaitu penjumlahan (+), pengurangan (-), perkalian (*), dan pembagian (/). Kemudian pada kolom kedua (DATA 1), di isi dengan alamat atau nilai utama operasi, kolom ketiga (DATA 2) adalah nilai atau alamat yang akan dilakukan proses operasi sedangkan kolom terakhir (HASIL) merupakan alamat yang menunjukkan hasil dari proses operasi tersebut. Penulisan data dan alamat dapat dilakukan dengan cara mengklik pada bagian kolom, atau pada waktu awal meletakkan instruksi dengan cara menuliskan data secara berurutan sesuai kolom. Contoh pada operasi diatas dituliskan dengan cara “ + D100 D200 D300” lalu tekan enter untuk memasukkannya.

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih anda telah berkomentar di halaman ini, kami akan mempertimbangkan komentar anda untuk kemajuan blog ini.

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html